Pages

Keutamaan Tawakkal Kepada Allah swt

Jumat, 06 Desember 2013


Banyak diantara manusia yang belum menyadari tentang begitu dahsyatnya keutamaan tawakkal kepada Allah swt, karena manusia yang hanya selalu berpikir matematis, praktis, ekonomis dan rasional.  Namun ternyata bagi sebagian orang yang dikehendaki oleh Allah swt, dan memiliki tingkat kualitas taqwa dan tawakkal yang tinggi , sesuatu yang semestinya impossible mustahil secara rasional, menjadi mungkin atas izin Allah swt. karena Allah swt lah yang maha mengatur atas segala urusan hamba-hamba-Nya

Suatu ketika, Syaikh Amin Al Kurdi (Pengarang Kitab Tanwir Al-Qulub) berkeinginan kuat untuk
menunaikan ibadah Haji. kemudian Ia tinggalkan Negeri Irak menuju Hijaz, dengan hanya berbekal Tawakkal kepada Allah swt. Jika didarat ia berjalan kaki, dan jika dilaut ia naik kapal.

Atas pertolongan Allah swt (Ma'unah-Nya) pemilik kapal tidak memintanya upah alias gratis. bahkan di kapal itu terjadi kejadian yang ajaib. Ada seorang yang mencari-cari dirinya, ketika bertemu Syaikh Amin, Orang itu berkata : "Aku diutus Muhammad Nur agar menyerahkan dua kantong besar ini kepada Tuan..."
Namun, syaikh menolak pemberian itu.

Orang itupun terus memaksa, agar tuan syaikh mau menerimanya, dan ia tinggalkan saja dua kantong besar itu tergeletak disisi syaikh. Ketika membukanya Syaikh Amin, ternyata  dua kantong besar itu berisi uang yang banyak dan pakaian. selama perjalanan itu, Syaikh Amin hanya mengambil sedikit uang itu untuk membeli makanan.

Sesampainya di Hijaz, ia sedekahkan semua uang dan pakaian yang ada didalam dua kantong besar itu, tanpa tersisa. Ia kembali menuju Baitullah dengan tangan Hampa, dan hanya berbekal "Tawakkal kepada Allah swt..."

Begitulah orang-orang yang kuat Iman dan Tawakkalnya. Allah swt akan selalu menyertai dalam perjalannya. siapapun bisa mendapatkan keutamaan semacam ini. ingatkan kita dengan janji Allah swt dalam QS : Al-Thalaq ayat 2-3 :


Artinya : " Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah swt, niscaya Ia akan memberinya jalan keluar. dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal , memasrahkan segala urusannya kepada Allah swt, niscaya Allah swt akan mencukupi (kebutuhan) nya .......

Allah swt maha memberi rezeki kepada siapa saja yang meminta kepada-Nya dengan sungguh-sungguh. Allah swt yang menciptakan makhluk, maka Allah swt pula lah yang mencukupi kebutuhannya.Allah swt lah yang bertanggung jawab yang bertanggung jawab atas Hamba-hamba-Nya. Ber tawakkal lah adalah salah satu bentuk tata krama terhadap Allah swt dan sebagai salah satu sarana supa Allah swt mencukupi segala kebutuhan kita.

Referensi : Hikayat Penembus Lagit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar