Pages

Keutamaan Istighfar

Senin, 09 Desember 2013

Dijelaskan bahwa dalam suatu hadist memberitahukan kepada kita tentang keutamaan istighfar itu sendiri saat dibaca secara kontinu, maka menurut Rasulullah "Barangsiapa melanggengkan istighfar (selalu membaca istigfar atau memohon ampunan kepada Allah swt) maka Allah akan memberinya solusi (jalan keluar) atas semua kesulitannya (problematika hidupnya) setiap kesusahannya akan menjadi kebahagiaan, dan Allah swt akan memberinya rizki yang tidak di duga-duga sebelumnya"

Diceritakan / Diriwayatkan dari Wahab ibn Munabih, ada seorang diantara Bani Israil yang berkeinginan keras dapat menyingkap
tirai kegaiban setan-setan yang selalu berupaya menyesatkan anak cucu adam. Dia ingin sekali menyaksikan bagaimana polah tingkah mereka dalam menggoda dan membujuk keturunan adam dengan mata kepala, seperti layaknya menonton sebuah film.

Bagi sebagian orang tertentu, pengalaman spiritual berupa melihat alam ghaib merupakan sesuatu yang di idam-idamkan, hingga ia rela melakukan apa saja yang dianggap dapat mengantarkan pada tujuannya tersebut. Padahal segala jerih payah manusia, hanyalah mustahil belaka tanpa mendapat Ridlo dari Allah swt. Tetapi saat Allah swt menghendaki sesuatu, maka tidak akan ada sesuatupun yang dapat menghalang-halangi iradah dan masyi'ah (Kehendak-Nya).

maka berpuasalah ia bertahun-tahun, setiap tahun ia tidak berpuasa selama enam hari. agar maksud dan hasrat kuatnya dikabulkan oleh Allah swt. bertahun-tahun ia terus berpuasa, sampai tanpa ia sadari, puasanya sudah berlangsung selama tujuh puluh tahun.


Begitu gigihnya dia berusaha (Riyadlah) namun Allah belum juga berkenan mengabulkan permohonan dan keinginannya yang kontroversial itu. kemudian ia berubah pikiran, men sugesti diri sendiri " Ah, daripada aku bersusah payah mewujudkan hasratku yang tidak wajar itu, lebih baeik aku menghitung-hitung dosa-dosa dan kesalahan-kesalahanku terhadap Allah swt, dan aku mohonkan ampunan kepada-Nya.

Maka bertafakkurlah orang itu mengingat-ingat kembali dosa-dosanya smbil terus ber-istighfar kepada Allah swt. kemudian terbukalah pintu kemurahan Allah swt, Allah swt mengutus seorang malaikat kepada orang itu, untuk menyampaikan ilham "Sesungguhnya Amaliayahmu memohon ampunan kepada Allah swt dengan memperbanyak istighfar itu lebih dicintai Allah swt daripada puasamu bertahun-tahun. dan sekarang Allah telah membukakan tirai keghaiban kepadamu, Lihatlah disana "

Ketika orang itu melihat bentangan bumi dihadapannya, ia saksikan tentara-tentara iblis yang mengitari keturunan adam seperti ulat banyak sekali. dia bergumam "Ya Tuhanku, siapa yang dapat selamat dari tipu daya mereka..." dan dia terus ber istighfar sambil memohon perlindungan Allah swt dari godaan setan yang terkutuk.

Referensi : Dari berbagai sumber

2 komentar:

  1. Rasul saja begitu sering beristighfar
    Semestinya kita jauh lebih sering ya gan :)

    Semoga kita bisa terhindar dari godaan syetan yg terkutuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..., betul sekali kang, sudah selyaknya kita lebih memohon ampunan kepada yang maha Pencipta, sebagaimana yang telah diajarkan oleh baginda Rosulillah saw.

      Hapus