Pages

Orang yang tidak mendapat ampunan ALLAH swt dimalam Nisfu Sya'ban

Senin, 01 Juni 2015

Orang yang Tidak mendapat Ampunan dari Allah dimalam Nishfu Sya'ban

Ulama menyebutkan bahwa malam nishfu Sya’ban merupakan malam yang memiliki keutamaan. Dimalam tersebut, amal-amal dilaporkan kepada Allah SWT (laporan tahunan).

Allah SWT juga menurunkan rahmat-Nya pada malam tersebut da memberika ampunan kepada makhluk-Nya.

Tetapi ada golongan-golongan yang tidak mendapat ampunan dari Allah SWT. Golongan-golongan tersebut sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majjah dalam sebuah hadits hasan, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إن الله ليطلع ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه, إلا لمشرك أو مشاحن
 

“Sesungguhnya Allah memperhatikan hambanya pada malam Nishfu Sya’ban kemudian Allah akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan musyahin”

Dari hadits diatas, golongan yang tidak mendapat ampunan dari Allah adalah orang

musyrik yaitu orang yang menyekutukan Allah, dan musyahin, yaitu orang munafik yang slalu menebarkan kebencian diantara sesama umat Islam.

Dalam riwayat lain disebutkan, selain dua golongan diatas, ada golongan lain yang tidak mendapat ampunan dari Allah dimalam nishfu Sya'ban, yaitu orang yang membunuh dirinya sendiri (bunuh diri).

Hal itu sebagaimana diriwayatakan oleh Imam Ahmad dan Imam Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya, bahwa Rasulullah SAW bersabda :

إن الله ليطلع إلى خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر لعباده إلا اثنين: مشاحن, أو قاتل نفس

“Sesungguhnya Allah memperhatikan hambanya pada malam Nishfu Sya’ban kemudian Ia akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali dua orang, yaitu musyahin dan orang yang bunuh diri”

Semoga kita termasuk golongan yang mendapat ampunan dari Allah, dan bukan termasuk golongan yang justru tidak mendapat rahmat dan ampunan dari Allah dimalam nishfu Sya'ban


Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar